Pemanfaatan ICT pada Industri

Teknologi Informasi dan Komunikasi, TIK (bahasa Inggris: Information and Communication Technologies; ICT) adalah payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. TIK mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Oleh karena itu, teknologi informasi dan teknologi komunikasi adalah dua buah konsep yang tidak terpisahkan. Jadi Teknologi Informasi dan Komunikasi mengandung pengertian luas yaitu segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antar media. Istilah TIK muncul setelah adanya perpaduan antara teknologi komputer (baik perangkat keras maupun perangkat lunak) dengan teknologi komunikasi pada pertengahan abad ke-20. Perpaduan kedua teknologi tersebut berkembang pesat melampaui bidang teknologi lainnya. Hingga awal abad ke-21 TIK masih terus mengalami berbagai perubahan dan belum terlihat titik jenuhnya.Persaingan IPTEK antara blok Barat (Amerika Serikat) dan blok Timur (dulu Uni Soviet) justru memacu perkembangan teknologi elektronika lewat upaya miniaturisasi rangkaian elektronik untuk pengendali pesawat ruang angkasa maupun mesin-mesin perang. Miniaturisasi komponen elektronik, melalui penciptaan rangkaian terpadu, pada puncaknya melahirkan mikroprosesor. Mikroprosesor inilah yang menjadi ‘otak’ perangkat keras komputer dan terus berevolusi sampai saat ini. Perangkat telekomunikasi berkembang pesat saat teknologi digital mulai digunakan menggantikan teknologi analog. Teknologi analog mulai terasa menampakkan batas-batas maksimal pengeksplorasiannya. Digitalisasi perangkat telekomunikasi kemudian berkonvergensi dengan perangkat komputer yang sejak awal merupakan perangkat yang mengadopsi teknologi digital. Produk hasil konvergensi inilah yang saat ini muncul dalam bentuk telepon seluler. Di atas infrastruktur telekomunikasi dan komputasi ini kandungan isi (content) berupa multimedia mendapatkan tempat yang tepat untuk berkembang. Konvergensi telekomunikasi – komputasi multimedia inilah yang menjadi ciri abad ke-21, sebagaimana abad ke-18 dicirikan oleh revolusi industri. Bila revolusi industri menjadikan mesin-mesin sebagai pengganti ‘otot’ manusia, maka revolusi digital (karena konvergensi telekomunikasi – komputasi multimedia terjadi melalui implementasi teknologi digital) menciptakan mesin-mesin yang mengganti (atau setidaknya meningkatkan kemampuan) ‘otak’ manusia.

Ada tiga kata yang harus kita pahami sebelumnya, yaitu:

  • Information (informasi) : hasil dari data yang diolah dan menerangkan sesuatu serta berguna bagi yang mengetahuinya.
  • Communications (komunikasi) : pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara 2 pihak atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami.
  • Technology (teknologi) : kemampuan teknik yang berlandaskan pengetahuan ilmu eksakta yang berdasarkan proses teknis.

Dengan demikian ICT merupakan teknologi yang dapat diandalkan untuk memberikan layanan yang efektif dan efisien.

Berikut ini jenis ICT dan media yang digunakan untuk menggunakan ICT

Aplikasi Contoh
Pengolah kata Microsoft Word: Write letters, contoh:  laporan
Spreadsheets Microsoft Excel; Analisa informasi keuangan; perhitungan; menciptakan model-model peramalan, dll.
Perangkat lunak basis data Oracle, Microsoft SQL Server, Access; Mengelola data dalam berbagai bentuk, dari dasar daftar (misalnya pelanggan melalui kontak ke kompleks
Presentation software Misalnya Microsoft PowerPoint; membuat presentasi, baik secara langsung dengan menggunakan layar komputer atau proyektor data.
Desktop publishing Misalnya Adobe Indesign, Quark Express, Microsoft Penerbit; memproduksi newsletter, majalah dan dokumen lainnya yang rumit.
Graphics software Adobe Photoshop dan Illustrator, Macromedia Freehand dan Fireworks untuk membuat dan mengedit gambar seperti logo, gambar atau foto untuk DTP, situs web atau publikasi
Accounting package Sage, Oracle; Kelola sebuah organisasi termasuk rekening pendapatan / penjualan, pembelian, rekening bank dll Berbagai sistem yang tersedia mulai dari dasar paket cocok untuk usaha kecil sampai canggih yang ditujukan untuk perusahaan-perusahaan multinasional.
Computer Aided Design Computer Aided Design (CAD) adalah penggunaan komputer untuk membantu proses desain. ada program khusus untuk berbagai jenis desain: arsitektur, teknik, elektronik.
Customer Relations Management (CRM) Software yang memungkinkan perusahaan untuk lebih memahami pelanggan mereka dengan mengumpulkan data dan analisis mereka

Jaringan yang biasa digunakan adalah Local Area Network (LAN). LAN menghubungkan sejumlah hardware( input dan output perangkat komputer serta proses yang terjadi). Tujuan LAN adalah untuk berbagi fasilitas hardware seperti printer atau scanner serta software aplikasi yang ada. Jenis jaringan ini tak ternilai di lingkungan kantor dimana rekan – rekan harus memiliki akses ke data atau program umum.

 

TIK dalam Industri Pendidikan.

TIK mempunyani peran yang luar biasa dalam bidang pendidikan. Berbagai perangkat lunak seperti microsoft office atau OpenOffice memudahkan para pelajar dalam negerjakan tugas, seperti laporan praktikum dan artike, juga ketika mempresentasikan tugas di kelas.
Sistem pengajaran berbasi multimedia (teknologi yang melibatkan teks, gambar, suara, dan video) mampu membuat penyajian suatu topik bahasan menjadi menarik, tidak monoton dna mudah dicerna. Seorang murid atau mahasiswa dapat mempelajari materi tertentu secara mandiri dengan menggunakan komputer yang dilengkapi program yang berbasis multimedia. Dengan sentuhan teknologi komputer, berbagai pelajaran yang sering dianggap sulit, seperti fisika ataupun matematika, dapat disajikan dengan cara yang menarik sehingga siswa menyenangi sekaliugus memahaminya dengan lebih mudah. Teknlogoi berbasis flash biasa digunakan untuk keperluan ini. Bahkan yang namanya belajar bahasa asing pun bisa dilakukan dengan menggunakan komputer.
Teknologi internet juga ikut berperan dalam neciptakan e-learning atau pendidikan jarak jauh. Belajar tidak lagi harus dilakukan di kelas, tetapi dari mana saja, sepanjang komputer yang digunakan bisa terhubung ke internet. Bahkan, seseorang bisa kuliah di universitas yang berada di negara lain tanpa harus tinggal di negara bersangkutan.
Hal yang paling mutakhir adalah berkembangnya apa yang disebut “cyber teaching” atau pengajaran maya, yaitu proses pengajaran yang dilakukan dengan menggunakan internet.
Istilah lain yang makin populer saat ini ialah e-learning yaitu satu model pembelajaran dengan menggunakan media teknologi komunikasi dan informasi khususnya internet.

Menurut Rosenberg (2001; 28), e-learning merupakan satu penggunaan teknologi internet dalam penyampaian pembelajaran dalam jangkauan luas yang berlandaskan 3 (tiga) kriteria yaitu: (1) e-learning merupakan jaringan dengan kemampuan untuk memperbaharui, menyimpan, mendistribusi dan membagi materi ajar atau informasi, (2) pengiriman sampai ke pengguna terakhir melalui komputer dengan menggunakan teknologi internet yang standar, (3) memfokuskan pada pandangan yang paling luas tentang pembelajaran di balik paradigma pembelajaran tradisional.
Saat ini e-learning telah berkembang dalam berbagai model pembelajaran yang berbasis TIK seperti: CBT (Computer Based Training), CBI (Computer Based Instruction), Distance Learning, Distance Education, CLE (Cybernetic Learning Environment), Desktop Videoconferencing, ILS (Integrated Learning Syatem), LCC (Learner-Cemterted Classroom), Teleconferencing, WBT (Web-Based Training), dan lain sebagainya.
Kita harus tahu bahwa untuk memanfaatkan TIK dalam hal pembelajaran tidak semudah yang dibayangkan. Perlu beberapa syarat yang harus dipenuhi demi terwujudnya pemanfaatan TIK dalam pembelajaran diantaranya :
• Adanya akses teknologi internet untuk Tenaga Pendidik maupun Peserta Didik, baik di dalam kelas, sekolah maupun lembaga pendidikan guru.
• Adanya materi yang bermutu bagi Tenaga Pendidikan dan Pelajar
• Tenaga Pendidik harus produktif terhadap pengembangan TIK

Untuk menghindari pemanfaatan teknologi yang kurang bermanfaat apalagi dalam hal negative oleh peserta didik, karena pembelajaran TIK antar peserta didik dengan cepat, maka mengarahkan pemanfaatan TIK dalam pembelajaran menjadi sangat penting sehingga peserta didik disibukkan dengan eksplorasi subjek positif dalam penggunaan TIK. Bentuk nyatanya dapat berupa penugasan pencarian artikel, sumber bacaan atau pengirinan tugas (PR) lewat email. Selain itu juga harus`tercipta kemudahan akses internet dilngkungan yang terkontrol seperti di sekolah atau rumah yang melebihi kemudahan akses`di tempat umum seperti warnet, agar aktivitas online peserta didik lebih terkontrol. Beberapa pemanfaatan TIK dalam pembelajaran diantaranya Presentasi, Demonstrasi, Kelas Virtual.
Adapun berbagai bentuk peranan TIK dalam bidang pendidikan adalah berbagai hasil penelitian, konsultasi dengan pakar, perpustakaan online,diskusi online dan kelas online.

 

Keuntungan dan kerugian ICT

1. Keuntungan
• Informasi yang dibutuhkan akan makin cepat dan mudah diakses untuk kepentingan pendidikan
• Inovasi dalam pembelajaran makin berkembang dengan adanya inovasi e-learning yang makin memudahkan proses pendidikan
• Kemajuan TIK juga akan memungkinkan berkembangnya kelas virtual atau kelas yang berbasis teleconference yang tidak mengharuskan sang pendidik dan peserta didik berada dalam satu ruangan
• Sistem administrasi pada sebuah lembaga pendidikan akan makin mudah dan lancer karena penerapan sistem TIK.

2. Kerugian
• Kemajuan TIK juga akan makin mempermudah terjadinya pelanggaran terhadap Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI), karena makin mudahnya mengakses data menyebabkan orang yang bersifat plagiatis akan melakukan kecurangan.
• Walaupun sistem administrasi suatu lembaga pendidikan, bagaikan sebuah sistem tanpa celah, tetapi jika terjadi suatu kecerobohan dalam menjelankannya akan berakibat fatal
• Salah satu dampak negatif televis adalah melatih anak untuk berfikir pendek dan bertahan berkonsentrasi dalam waktu yang pendek atau singkat (sort span of attenrtion).

 

ICT dalam Konteks yang Lebih Luas

ICT selama ini mungkin sudah kita gunakan, tapi ada beberapa hal yang sepertinya harus kita pertimbangkan berhubungan dengan cara ICT digunakan dan dikelola dalam suatu organisasi :

  • The Nature of Information; hal ini meliputi topik seperti makna dan nilai informasi; bagaimana informasi dikendalikan; keterbatasan ICT dan pertimbangan hukum.
  • Management of Information; hal ini mencakup bagaimana data diambil, diverivikasikan dan disimpan secara efektif untuk digunakan; pengolahan serta penyebaran informasi; menjaga supaya informasi aman; dan merancang jaringan untuk mencari informasi.
  • Information System Strategy; hal ini mempertimbangkan bagaimana ICT dapat digunakan dalam bisnis atau organisasi sebagai bagian dari pencapaian tujuan dan sasaran.

Pemanfaatan ICT yang belum ada pengawasan dan kontrol yang baik menyebabkan ICT begitu rawan untuk dimanfaatkan. Salah motif sedikit, ICT sudah dapat dimanfaatkan untuk hal-hal yang kurang baik, seperti meng-hack sejumlah bank untuk tindak criminal, menyebarkan virus demi keuntungan pribadi, atau bahkan niat jahat kecil untuk mencari tahu soal-soal apa saja yang akan keluar di ujian. Bila menggunakan teknologi, banyak sekali hal-hal yang dapat kita lakukan. Karena itu diperlukan kontrol dan pengawasan yang ketat untuk menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan kerugian bagi masyarakat. Melalui pemanfaatan ICT juga kita dapat mengubah hidup seseorang. Misalnya, tindak bullying melalui media social. Hal tersebut dapat membuat korban menjadi minder dan merasa dikucilkan atau dibiarkan. Bila mentalnya tidak kuat, ia dapat bunuh diri. Penipuan melalui media ICT juga sedang marak-maraknya saat ini. Entah dengan embel-embel online shop atau lainnya, tetapi sudah banyak korban penipuan dengan jumlah uang yang tidak sedikit. Eksploitasi pornografi yang tak terkontrol dalam dunia ICT juga sangat berdampak buruk. Apalagi jika kasusnya seperti anggota DPR yang kepergok sedang menyaksikan video porno saat sedang rapat. Kita jadi dapat melihat bagaimana rawannya pemanfaatan ICT yang tidak bijaksana dapat memberikan dampak yang negatif bagi banyak orang.

Ternyata ICT ini tidak hanya dapat diakses melalui media komputer atau laptop. Pada ribuan handphone yang diproduksi saat ini hampir semuanya memiliki teknologi ICT. Misalnya, aplikasi BBM pada smartphone blackberry, aplikasi twitter, facebook, whatsapp, dan sebagainya merupakan pemanfaatan teknologi ICT dalam mobile phone. Tentu saja hal ini sangat berguna dan memberikan keuntungan bagi para pengunanya. Konsumen menjadi mudah untuk saling berbagi informasi dan berinteraksi satu sama lain tanpa haru memperdulikan perbedaan jarak dan waktu. Kita menjadi dapat berkomunikasi dengan banyak orang hanya melalui satu media elektronik.

(sumber : http://komunikasi.us/index.php/mata-kuliah/ktm/1422-responce-paper-11)

Konteks dari industri itu sendiri luas. Maksud luas disini dalam artian banyak macam atau jenisnya. Contohnya industry otomotif, industri perfilman, industri pangan, industri rekaman, dan industry lainnya yang tentu saja sekarang sudah memanfaatkan ICT(TIK). Pemanfaatan ICT ini akan mengefisiensikan proses bisnis dalam sebuah industri,perusahaan,maupun organisasi. Sebagai contoh, industry pangan yang ada di Indonesia dan sudah pasti memanfaatkan ICT dalam proses bisnisnya yaitu PT. ORANG TUA GROUP.

(link : www.ot.co.id)

Melihat pada bagian company dalam website PT. ORANG TUA GROUP, disitu jelas tertulis “Selama lebih dari setengah abad, kami telah mengolah bahan-bahan dari sumber alam menjadi produk-produk berkualitas pilihan konsumen. Berawal dari produk minuman kesehatan dengan ramuan alamiah yang diolah secara tradisional, produk-produk kami berkembang semakin modern, canggih, praktis, dan efisien sesuai dengan tuntutan zaman. Warisan nenek moyang kita, yang telah terbukti khasiatnya sejak dahulu, terus dikembangkan secara berkesinambungan tanpa meninggalkan rahasia keasliannya.” Tentu saja untuk menghasilkan produk-produk yang semakin modern,canggih dan praktis tersebut harus ada ICT(TIK) yang mendukung.

Tentu saja setiap perusahaan ingin tetap bertahan pada saat ini, dimana banyak competitor-competitor baru yang bermunculan. Oleh karena itu,pemanfaatan ICT(TIK) sangat berpengaruh dalam setiap bagian-bagian dalam sebuah perusahaan. Jika hanya fokus pada 1 hal tertentu saja, sudah dipastikan perusahaan/bisnis tidak akan berkembang dan akan menuju kebangkrutan. Bagian-bagian dalam perusahaan maksudnya seperti CRM,SCM, dll. Perusahaan tidak akan berkembang tanpa adanya customer dan partner(supplier) yang mendukung proses bisnis mereka. Dan bagian-bagian dalam perusahaan tersebut seperti CRM dan SCM harus didukung dengan ICT (TIK).

Untuk menciptakan sebuah produk yang bermutu, PT. ORANG TUA GROUP mendirikan sebuah Research and Development Center yang sekarang menjadi Research and Innovation Center (R & I Center), yang tentu saja dilengkapi dengan berbagai sarana dan prasarana modern serta sumber daya yang ahli di bidangnya masing-masing.

Ternyata pemanfaatan ICT dalam industri sangat berpengaruh besar untuk kelangsungan perusahaan tersebut. Tapi,pemanfaatan ICT tersebut harus ada SDM(Sumber Daya Manusia) yang memadai. Pemanfaatan ICT juga harus sesuai dengan perkembangan jaman,dengan begitu, industri atau perusahaan dapat terus berkembang dan menciptakan suatu produk dan jasa yang bermanfaat bagi masyarakat, bukan hanya untuk sekedar mengeruk keuntungan untuk keuntungan perusahaan semata. masyarakat juga sebagai konsumen/customer harus diperhatikan. karena itu diperlukan CRM dalam setiap perusahaan dan tentu saja menggunakan pemanfaatan ICT.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s